Ketua LTN-NU Jawa Barat, Zainuddin, S. H., MM

NUBEKASI.COM | SUMEDANG – Lembaga Taklif wan Nasr (LTN) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat mengadakan seminar tingkat nasional dengan nara sumber dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan PWNU dengan bekerja sama dari Kementerian Komunikasi Dan Informatika (Kominfo).

Acara ini digelar di Pondok Pesantren Al – Hikamussalafiyah, Sukamantri, Kecamatan  Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.  Minggu (24/07/2022).

Dalam acara yang dimoderatori oleh Ketua Ikatan Pelajar Putri (IPPNU) Siti Latifah ini, pemateri pertama, Rahmat Sahid (Wakil Ketua LTN PBNU) menyampaikan pentingnya Literasi Digital pada era tehnologi saat ini.

“Jangan sampai gara-gara kita salah ketik di media sosial, akhirnya kita malah bermasalah dengan hukum,” Ujar Rahmat.

Wakil Ketua LTN PBNU ini juga mengingatkan bahayanya dalam menggunakan alat digital bila salah dalam memanfaatkannya.

“Jangankan masyarakat biasa, orang yang mengerti ilmunya sekalipun, bahkan sekelas mantan menteri yang seyogyanya dia adalah menguasai bidang telematika, tetap saja bila salah dalam penempatan menggunakan media sosial, maka dia dijerat hukum oleh pihak kepolisian,” tegas Rahmat.

Searah dengan Rahmat Zahid, Ketua LTN PWNU Jawa Barat, Zainuddin juga menyampaikan bahwa dalam kehidupan kita saat ini tidak lepas dari media sosial (medsos).

Dihadapan para peserta seminar, Zainuddin mengajak agar menggunakan media sosial dengan cerdas dan terhindar dengan masalah hukum yang bisa saja menjerat gara – gara salah dalam penggunaan medsos.

“Boleh saja kita menggunakan whatsApp, facebook, tiktok, youtube dan medsos lainnya, tapi jangan salah dalam menyampaikan tulisan ataupun menshare sebuah informasi yang kita belum tau pasti kebenarannya. Jangan gara-gara kita menulis atau memposting sebuah informasi yang berisi ujaran kebencian atau yang bisa merugikan pihak lain, kita malah berujung urusan dengan kepolisian,” papar Zainuddin.

Sementara itu pemateri ketiga, Direktur Media Center PWNU Jawa Barat, Iip D Yahya dalam penyampaiannya mengatakan bahwa orang yang akan menjadi pemenang di dunia digital saat ini adalah “orang yang memiliki kemampuan menulis dengan baik”.

Iip membeberkan tahapan – tahapan dalam bijak ber-medsos, mulai dari tahapan cara menulis, isi tulisan sampai menjadi sebuah konten yang positip maupun menarik sehingga bisa lebih bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun para pembaca yang melihatnya di medsos tersebut.

Seminar nasional ini diikuti oleh dua ratus peserta lebih yang terdiri dari utusan pengurus LTN berbagai daerah dan kota se – Jawa Barat dan para santri Pondok Pesantren Al Hikamussalafiyah. (LTN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here